Vacuum Test

Vacuum test : Pengertian, Tujuan, Ukuran dan Standar

Vacuum test adalah salah satu jenis NDT (Non Destructive Test). Pengujian ini dilakukan di bagian lasan (welding seams) untuk menentukan apakah ada kebocoran atau retak. Vacuum Test hanya dilakukan pada lasan yang ada di pelat yang datar.

Tujuan

Tujuan teknik pengujian Vacuum test adalah untuk menemukan kebocoran pada batas tekanan yang tidak dapat diberi tekanan langsung. Hal ini dicapai dengan menerapkan larutan pada area lokal permukaan batas tekanan dan menciptakan tekanan diferensial di area lokal tersebut yang menyebabkan pembentukan gelembung saat gas kebocoran melewati larutan tersebut.

Pressure atau Tekanan

Pengujian vakum dilakukan menggunakan kotak uji berukuran kira-kira 150 mm (6 inci) lebar dan 750 mm (30 inci) panjang dengan jendela transparan di bagian atasnya, yang memberikan visibilitas yang cukup untuk melihat area yang sedang diperiksa. Selama pengujian, pencahayaan harus memadai untuk evaluasi dan interpretasi yang tepat dari hasil uji. Bagian bawah terbuka harus disegel rapat terhadap permukaan tangki dengan menggunakan perangkat karet yang sesuai. Koneksi, katup, pencahayaan, dan pengukur, sesuai kebutuhan, harus disediakan. Larutan film sabun atau larutan deteksi kebocoran komersial, yang sesuai dengan kondisi, harus digunakan. Bagian tepi bawah terbuka harus dilengkapi dengan segel yang cocok untuk membentuk penyegelan terhadap permukaan yang diuji. Koneksi, katup, pencahayaan, dan pengukur yang sesuai harus disediakan. Pressure gauge harus memiliki rentang antara 0 psi (0 kPa) hingga 15 psi (100 kPa), atau unit tekanan setara seperti 0 inci Hg hingga 30 inci Hg (0 mmHg hingga 750 mmHg).

Baca Juga  Hukum Faraday Pengertian, Bunyi, Rumus, dan Contoh Soalnya

Pengujian sesuai API 650

Pengujian vakum harus dilakukan sesuai dengan prosedur tertulis yang disiapkan oleh Produsen tangki. Prosedur tersebut harus memerlukan:

a) melakukan pemeriksaan visual terhadap bagian bawah dan lasan sebelum melakukan uji kotak vakum;

b) memverifikasi kondisi kotak vakum dan segel perangkat karetnya;

c) memverifikasi bahwa tidak ada respon gelembung cepat atau semprotan yang terjadi pada kebocoran besar; dan

d) mengaplikasikan larutan film pada area yang kering, sehingga area tersebut basah dengan baik dan terjadi pembentukan gelembung aplikasi minimum.

e)Untuk pengujian, vakum parsial sebesar 21 kPa (3 lbf/in.2, 6 in. Hg) hingga 35 kPa (5 lbf/in.2, 10 in Hg) tekanan gauge akan digunakan. Jika dijelaskan oleh Pembeli, pengujian vakum parsial kedua sebesar 56 kPa (8 lbf/in.2, 16 in. Hg) hingga 70 kPa (10 lbf/in.2, 20 in. Hg) akan dilakukan untuk mendeteksi kebocoran sangat kecil.

Alternatif Pengganti Vacuum Test API 650

Sebagai alternatif dari pengujian kotak vakum, suitable tracer gas yang sesuai dan detektor yang kompatibel dapat digunakan untuk menguji integritas sambungan dasar yang dilas untuk seluruh panjangnya. Di mana pengujian gas penelusur digunakan sebagai alternatif dari pengujian kotak vakum, harus memenuhi persyaratan berikut:

a) Tracer gas testing harus dilakukan sesuai dengan prosedur tertulis yang telah ditinjau dan disetujui oleh Pembeli dan yang minimal mencakup: jenis peralatan yang digunakan, kebersihan permukaan, jenis gas penelusur, tekanan uji, permeabilitas tanah, kadar kelembaban tanah, verifikasi yang memuaskan dari sejauh mana penetrasi gas penelusur, dan metode atau teknik yang akan digunakan termasuk laju pemindaian dan jarak pemindai.

Baca Juga  IRIS NDT : Pengertian, Cara Kerja Hingga Keuntungan dan Kekurangannya

b) Teknik tersebut harus mampu mendeteksi kebocoran sebesar 1 × 10–4 Pa m3/s (1 × 10–3 std cm3/s) atau lebih kecil.

c) Parameter sistem uji (detektor, gas, dan tekanan sistem, yaitu tingkat tekanan di bawah dasar) harus dikalibrasi dengan meletakkan kebocoran kapiler yang dikalibrasi yang akan bocor pada tingkat konsisten dengan (b) di atas, dalam fitting sementara atau permanen di dasar tangki jauh dari titik pemadatan gas penelusur. Atau, dengan persetujuan antara Pembeli dan Produsen, kebocoran yang dikalibrasi dapat ditempatkan dalam fitting terpisah yang ditekan sesuai dengan parameter sistem.

d) Saat menguji kebocoran pada sambungan dasar yang dilas, parameter sistem harus tidak berubah dari yang digunakan selama kalibrasi.

Syarat Operator Uji

Produsen harus menentukan bahwa setiap operator kotak vakum memenuhi persyaratan berikut:

a) memiliki penglihatan (dengan koreksi, jika diperlukan) untuk dapat membaca grafik standar jenis Jaeger Tipe 2 pada jarak tidak kurang dari 300 mm (12 inci). Operator harus diperiksa setiap tahun untuk memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan ini; dan

b) berkompeten dalam teknik pengujian kotak vakum, termasuk melakukan pemeriksaan dan menafsirkan serta mengevaluasi hasilnya; namun, jika metode pemeriksaan terdiri dari lebih dari satu operasi, operator yang hanya melakukan sebagian dari pengujian hanya perlu memiliki kualifikasi untuk bagian yang dia lakukan.

Sumber Vakum

Vakum yang dibutuhkan dapat dihasilkan dalam kotak dengan metode yang sesuai (misalnya, ejektor udara, pompa vakum). Pengukur harus mencatat vakum parsial setidaknya 2 psi (4 inci Hg) (15 kPa) di bawah tekanan atmosfer atau vakum parsial yang dibutuhkan sesuai standar dan code

Suhu yang diperbolehkan

  1. Suhu Permukaan Sebagai teknik standar, suhu permukaan bagian yang akan diperiksa tidak boleh kurang dari 40°F (5°C) atau melebihi 125°F (50°C) sepanjang pemeriksaan. Pemanasan atau pendinginan lokal diperbolehkan selama suhu tetap berada dalam rentang 40°F (5°C) hingga 125°F (50°C) selama pemeriksaan. Jika tidak praktis untuk mematuhi pembatasan suhu tersebut, suhu lain bisa digunakan asalkan prosedurnya telah terbukti.
  2. Intensitas cahaya minimum sebesar 1000 Lux (100 fc) di titik pemeriksaan diperlukan selama aplikasi pemeriksaan dan evaluasi kebocoran.
  3. Vakum harus dipertahankan selama minimal 5 detik atau waktu yang diperlukan untuk melihat area yang sedang diuji, mana yang lebih lama.
  4. Keberadaan kebocoran melalui ketebalan logam yang ditunjukkan dengan pembentukan atau pertumbuhan gelembung atau busa secara terus-menerus, yang dihasilkan oleh udara yang melewati ketebalan, tidak diterima. Keberadaan kebocoran besar yang ditunjukkan dengan cepatnya pembentukan gelembung meledak atau respon semprotan pada saat awal pengaturan kotak vakum juga tidak diterima. Kebocoran harus diperbaiki dan diuji kembali.
  5. Rekaman atau laporan dari pengujian termasuk pernyataan tentang suhu dan intensitas cahaya harus diselesaikan dan diserahkan kepada Pembeli atas permintaan.
Baca Juga  Rigger Adalah: Persyaratan, Jenis Tanggung Jawab Dan Gaji

Standar Yang digunakan

  1. API STANDARD 650 Welded Tanks for Oil Storage Paragraph 8.6
  2. ASME V Appendix II Buble Test Vacuum Boc Technique