IRIS NDT

IRIS NDT : Pengertian, Cara Kerja Hingga Keuntungan dan Kekurangannya

The internal rotary inspection system (IRIS) NDT adalah teknik pengujian non-destruktif ultrasonik yang digunakan untuk memeriksa pipa dan tubes.

Salah satu cara untuk memeriksa pipa dan tabung secara dalam tanpa merusak adalah dengan menggunakan IRIS, yang merupakan singkatan dari Internal Rotary Inspection System. Metode ini sangat populer di industri minyak dan gas, pembangkit listrik, dan bidang lain yang menggunakan pipa logam untuk mengalirkan cairan atau gas. IRIS memungkinkan inspeksi pipa dengan diameter kecil hingga menengah dengan akurasi tinggi.

Cara Kerja

IRIS bekerja dengan menggunakan gelombang ultrasonik dan sebuah probe khusus. Probe ini berbentuk tabung dan diputar di dalam pipa yang sedang diperiksa. Ketika probe berputar, ia menghasilkan dan menerima gelombang ultrasonik untuk memeriksa kondisi dalam pipa secara menyeluruh. Metode ini memberikan gambaran yang jelas tentang keadaan dalam pipa tanpa merusaknya.

Probe Assembly
source : NDT.Net

Karena IRIS adalah teknik ultrasonik, ia memerlukan couplant. Dalam hal ini, air. Tabung yang diuji harus terlebih dahulu diisi air sebelum menggunakan teknik ini. IRIS bergantung pada transduser untuk menghasilkan pulse ultrasonik sejajar dengan sumbu tabung yang diuji. Ia juga bergantung pada cermin berputar yang mengarahkan gelombang ultrasonik ke dinding tabung. Cermin ini didorong oleh sebuah turbin kecil yang ditenagai oleh tekanan air yang dipompa ke dalam tabung.

Sebagian dari gelombang ultrasonik dipantulkan oleh dinding dalam (ID) tabung, sedangkan sisanya dipantulkan oleh dinding luar tabung (OD). Karena kecepatan ultrasonik dari bahan tabung diketahui, kita dapat menilai ketebalan dinding dengan menghitung perbedaan waktu tempuh antara dua diameter.

Saat probe ditarik, gerakan putar cermin menghasilkan jalur pemindaian spiral.

Aspek penting dari IRIS adalah memastikan bahwa cermin berada di tengah tabung. Pulse ultrasonik yang tidak berada di tengah menghasilkan gambaran pemindaian yang distorsi karena perbedaan jalur suara dinding dalam dan luar. Itulah mengapa kit IRIS kami dilengkapi dengan perangkat penyetel yang membantu operator menjaga sistem tetap berada di tengah.

Baca Juga  Struktur Organisasi Qc

Tampilan Iris

Layar tampilan operator menampilkan gambar data “B” scan real time dari dinding tabung saat probe bergerak. Gambar dapat dibekukan kapan saja untuk inspeksi lebih dekat. Data yang dipindai direkam ke hard-drive komputer. Setiap pemindaian menunjukkan profil dinding ID & OD termasuk lubang, korosi, bulging, denting, thinning, dan ketebalan dinding diukur langsung di layar. Tampilan “C” scan berwarna dan pemetaan tabung juga tersedia. Data mudah diinterpretasikan, dan dapat dilihat pada komputer Windows (IBM) mana pun.

Teknik ini memungkinkan untuk inspeksi pada bahan ferrous & non ferrous dalam ukuran tabung dari 9mm hingga 30mm ID dan ukuran pipa hingga diameter 1100mm. Panjang hingga 5 km dapat diperiksa. Pembersihan tabung sangat penting; data dapat terganggu oleh persiapan tabung yang buruk.

Aplikasi IRIS

Unit-unit tipikal yang diperiksa dengan metode ini termasuk feed-water heaters, air-fin coolers,condensers, boilers, heat-exchangers, process piping, loading lines and product flow
lines. Industri-industri tempat teknik ini digunakan termasuk perminyakan, kimia, kertas, listrik, makanan, pipa-pipa, dan utilitas

Keuntungan Menggunakan IRIS

  1. Bekerja pada semua jenis material, tanpa memperhatikan sifatnya. Keuntungan: Tidak peduli pipa terbuat dari material apa, IRIS tetap bisa digunakan untuk melakukan pengujian.IRIS itu keren banget, nih! Dia bisa dipake buat ngecek pipa yang kecil-kecil dan rumit, lho. Gak cuma itu, data yang didapetin juga akurat banget. Jadi, IRIS tuh jadi pilihan utama karena kebanyakan metode pengujian lainnya sering kesulitan buat ngeluarin hasil yang bagus buat pipa-pipa kecil.
  2. Sensitivitas penuh di dekat struktur support tube seperti tubesheets. Keuntungan: IRIS memberikan hasil yang akurat bahkan di sekitar struktur penopang/support tube, yang sulit dijangkau oleh metode lain.
  3. Sempurna sebagai cadangan untuk pengujian elektromagnetik. Keuntungan: IRIS dapat digunakan sebagai alternatif yang baik jika pengujian elektromagnetik tidak mungkin dilakukan atau memberikan hasil yang tidak memuaskan.
  4. Hasil pengukuran ketebalan dinding yang sangat akurat. Keuntungan: IRIS memberikan hasil pengukuran yang sangat akurat untuk menilai ketebalan dinding pipa, yang penting untuk keandalan dan keamanan sistem.
  5. Dengan teknologi IRIS, probe bisa muter-muter di dalam pipa, jadi kita bisa dapetin info sekitar 360 derajat dari dalam pipa tuh. Jadi, IRIS bisa kasih gambaran yang lengkap banget tentang kondisi pipa, termasuk di bagian-bagian yang susah dijangkau oleh metode pengujian lain. Nah, ini bikin kita bisa lebih mudah kenali masalahnya dan kurangin risiko gagalnya sistem. Keren, kan?
Baca Juga  Time of Flight Diffraction (TOFD): Pengertian, Sejarah dan Cara Kerja

Kekurangan Menggunakan IRIS

  1. Keterbatasan Pembersihan Internal: Untuk melakukan pengujian dengan IRIS secara efektif, permukaan dalam pipa harus bersih dari lapisan tebal dan kotoran. Jika tidak, hasil pembacaan data bisa terpengaruh dan menjadi tidak akurat.
  2. Skala yang menempel, serpihan yang lepas, dan sisa lilin atau minyak akan mempengaruhi pembacaan data.
  3. Pembersihan dilakukan dengan semprotan air bertekanan sangat tinggi, menyikat, atau dengan bahan kimia.
  4. Pengaruh Air dan Interferensi Listrik: Hasil pengujian IRIS dapat dipengaruhi oleh kondisi air yang kotor atau tekanan air yang rendah. Selain itu, gangguan listrik juga dapat memengaruhi kualitas pembacaan data. Ini menunjukkan bahwa lingkungan pengujian harus diatur sedemikian rupa untuk meminimalkan kemungkinan pengaruh negatif ini.
  5. Kecepatan Pemindaian yang Lambat: Kecepatan pemindaian IRIS relatif lambat dibandingkan dengan teknik lain seperti eddy current. Hal ini karena kecepatan tarik probe IRIS biasanya sekitar 2 inci per detik. Kecepatan pemindaian yang lambat ini bisa menjadi kendala terutama dalam situasi di mana waktu sangat berharga.
Baca Juga  Liquid Penetrant Testing

Kemampuan Jenis Defect Type in Tubing Menggunakan IRIS

Defect by IRIS in Tubing

Jenis defect yang dapat di diteksi oleh IRIS NDT img :eddyfi.com

Kesimpulan

IRIS melakukan inspeksi pada bahan ferrous & non ferrous dengan diameter hingga 300mm dan pipa (IRIS Pig) dengan diameter internal hingga 1100 mm. Panjang probe standar hingga 30m namun dapat mencapai 600m. Data yang mudah dibaca menunjukkan masalah dinding ID & OD serta ketebalan dinding yang tersisa. Tabung perlu dibersihkan sebelum inspeksi. Data inspeksi direkam ke Hard Drive dan dapat ditinjau menggunakan perangkat lunak Windows. IRIS digunakan sebagai alat pencegahan untuk memantau kondisi tabung pada penukar panas dan boiler sehingga shutdown yang tidak tepat waktu dapat dihindari. Pada pipa berdiameter besar, IRIS dapat didorong hingga 5km, memetakan korosi ID / OD, denting, anomali pipa, dan ketebalan dinding yang tersisa.

Internal Rotary Inspection System (IRIS) buat pengujian Non-Destructive Testing (NDT) bisa bawa banyak untung buat perusahaan, nih. Mulai dari aspek keamanan, efisiensi, sampe perencanaan pemeliharaan yang lebih bagus. Dengan teknologi NDT yang canggih ini, perusahaan bisa naikin kualitas manajemen pipa mereka dan hindarin risiko kerusakan yang bisa bikin rugi. Jadi, IRIS ini bener-bener jadi andalan deh buat pemeliharaan pipa yang lebih mantap!