Pigging: Pengertian, Sejarah, Metode, dan Aplikasi
Intelligence Pig Baru Keluar

Pigging: Pengertian, Sejarah, Metode, dan Aplikasi

Pigging adalah proses pembersihan atau inspeksi dalam pipa untuk menghilangkan kontaminan, korosi, atau partikel asing yang dapat mengganggu aliran fluida atau gas. Pigging telah digunakan dalam berbagai industri, seperti minyak dan gas, petrokimia, farmasi, dan industri makanan. Artikel ini akan membahas sejarah, pengertian, metode, tujuan dan fungsi, tahapan kerja, material, jenis dan klasifikasi, perbedaan pigging, blowing, dan flushing, kelebihan dan kekurangan, serta standar dan kode yang berlaku dalam pigging.

Sejarah

Pigging berasal dari istilah “pipeline inspection gauge” yang kemudian menjadi “pig” dalam terminologi industri. Proses ini pertama kali dikembangkan pada awal abad ke-20 untuk membersihkan saluran minyak dan gas. Seiring waktu, teknologi pigging telah berkembang pesat, termasuk penggunaan teknologi sensored pigs yang lebih canggih untuk inspeksi dan pembersihan pipa.

Pengertian

Pigging adalah proses di mana alat yang disebut “pig” dimasukkan ke dalam pipa untuk membersihkan atau menginspeksi pipa dari dalam. Pig ini dapat berupa bola karet, sikat logam, atau perangkat elektronik yang dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi cacat atau kerusakan pada dinding pipa.

Metode

Ada beberapa metode pigging yang digunakan dalam industri, termasuk pigging mekanik, pigging dengan sensor, dan pigging hibrida. Pigging mekanik melibatkan penggunaan pig mekanis, seperti bola karet atau sikat logam, untuk membersihkan pipa. Pigging dengan sensor menggunakan perangkat elektronik yang dilengkapi sensor untuk menginspeksi pipa dan mendeteksi cacat atau kerusakan. Pigging hibrida adalah kombinasi dari kedua metode tersebut.

Tujuan dan Fungsi

Tujuan utama pigging adalah untuk menjaga keandalan dan efisiensi sistem perpipaan. Fungsi pigging meliputi pembersihan pipa dari kontaminan, korosi, atau partikel asing, pengurangan tekanan jatuh dan peningkatan aliran, serta inspeksi pipa untuk mendeteksi cacat atau kerusakan yang dapat mengakibatkan kebocoran atau kegagalan sistem.

Tahapan Kerja

Mekanisme kerja pigging melibatkan penggunaan pig, yaitu perangkat yang didesain untuk bergerak di dalam pipa dengan tujuan membersihkan, menginspeksi, atau memisahkan produk. Berikut adalah langkah-langkah dasar dalam mekanisme kerja pigging:

  1. Memilih pig yang sesuai: Pertama, pilih pig yang sesuai untuk tugas yang diinginkan, seperti utility pigs untuk pembersihan, inline inspection pigs untuk inspeksi, atau sealing pigs untuk pemisahan produk.
  2. Menyisipkan pig ke dalam pipa: Untuk memulai proses pigging, pig harus dimasukkan ke dalam pipa melalui pig launcher, yaitu perangkat khusus yang digunakan untuk mengirim pig ke dalam pipa. Pig launcher umumnya dilengkapi dengan katup isolasi, kompartemen penampungan pig, dan katup pemuatan pig.
  3. Menggerakkan pig di dalam pipa: Setelah pig berada di dalam pipa, aliran produk atau medium seperti air, nitrogen, atau gas alam digunakan untuk mendorong pig maju di sepanjang pipa. Pig bergerak dengan kecepatan yang dikendalikan oleh tekanan dan aliran medium.
  4. Melakukan tugas pigging: Selama pig bergerak di dalam pipa, ia akan melakukan tugas yang diinginkan:
    • Untuk utility pigs, pig akan mengangkat dan menghilangkan kotoran, endapan, atau kontaminan dari dinding pipa.
    • Untuk inline inspection pigs, pig akan mengumpulkan data inspeksi seperti ketebalan dinding, cacat, atau deformasi menggunakan sensor dan teknologi seperti Magnetic Flux Leakage (MFL) atau Ultrasonic Testing (UT).
    • Untuk sealing pigs, pig akan memisahkan produk yang berbeda dalam pipa dengan menyegel dinding pipa untuk mengurangi kontaminasi silang.
  5. Mengeluarkan pig dari pipa: Setelah pig mencapai ujung pipa, ia akan keluar melalui pig receiver, yaitu perangkat khusus yang digunakan untuk menangkap dan mengeluarkan pig dari pipa. Pig receiver juga dilengkapi dengan katup isolasi, kompartemen penampungan pig, dan katup pembuangan pig.
  6. Mengevaluasi hasil pigging: Setelah pigging selesai, evaluasi hasil yang diperoleh:
    • Untuk utility pigs, periksa apakah pipa sudah bersih dan bebas dari kotoran atau kontaminan.
    • Untuk inline inspection pigs, analisis data inspeksi yang dikumpulkan untuk mengidentifikasi cacat atau area yang memerlukan perbaikan.
    • Untuk sealing pigs, pastikan produk yang berbeda dalam pipa telah terpisah dengan sukses dan kontaminasi silang telah diminimalkan.
Baca Juga  Gas Welding Jenis Alat Dan Perlengkapannya

Proses pigging harus dilakukan secara berkala untuk memastikan kinerja, keandalan, dan keselamatan sistem perpipaan, serta kepatuhan terhadap standar industri dan kode yang relevan.

Material

Pig terbuat dari berbagai material, seperti karet, poliuretan, plastik, atau logam, tergantung pada kebutuhan dan kondisi pipa yang akan dilakukan pigging. Material pig yang dipilih harus tahan terhadap tekanan, suhu, dan bahan kimia yang ada di dalam pipa.

Jenis dan Klasifikasi

Pig merupakan perangkat yang digunakan dalam industri perpipaan untuk membersihkan, menginspeksi, atau memisahkan produk dalam pipa. Berbagai jenis pig yang digunakan dalam industri perpipaan meliputi:

  1. Utility Pigs (Pig Pembersih): Utility pigs digunakan untuk membersihkan pipa dari kotoran, kontaminan, atau endapan yang dapat mengurangi aliran produk atau menyebabkan korosi. Ada beberapa jenis utility pigs, seperti:

    a. Foam Pigs: Terbuat dari bahan busa poliuretan dengan berbagai kepadatan dan tingkat kekerasan. Foam pigs cocok untuk aplikasi pembersihan ringan dan pengeringan pipa.

    b. Spherical Pigs: Pig berbentuk bola yang terbuat dari karet atau poliuretan. Spherical pigs sering digunakan untuk pembersihan dan pengeringan pipa serta pemisahan produk.

    c. Mandrel Pigs: Terdiri dari inti atau mandrel logam yang dilengkapi dengan cakram atau cincin karet, poliuretan, atau plastik. Mandrel pigs dapat disesuaikan dengan berbagai aplikasi pembersihan, seperti menghilangkan endapan keras, parafin, atau kerak.

  2. Inline Inspection Pigs (Pig Inspeksi): Inline inspection pigs, juga dikenal sebagai smart pigs atau intelligent pigs, digunakan untuk menginspeksi pipa dan mendeteksi cacat, seperti korosi, retak, penyok, atau deformasi. Beberapa jenis inline inspection pigs meliputi:

    a. Magnetic Flux Leakage (MFL) Pigs: Menggunakan medan magnet untuk mendeteksi cacat pada dinding pipa baja. MFL pigs dapat mengidentifikasi area yang mengalami penurunan ketebalan akibat korosi atau erosi.

    b. Ultrasonic Testing (UT) Pigs: Menggunakan gelombang ultrasonik untuk mengukur ketebalan dinding pipa dan mendeteksi cacat internal dan eksternal. UT pigs cocok untuk inspeksi retak, korosi, penyambungan las, dan deformasi.

    c. Geometry Pigs: Digunakan untuk mengukur dimensi dan bentuk pipa serta mendeteksi penyok, deformasi, atau perubahan diameter. Geometry pigs sering digunakan sebelum inline inspection pigs untuk memastikan jalur yang aman dan efektif.

  3. Sealing Pigs (Pig Penyegel): Sealing pigs digunakan untuk memisahkan produk yang berbeda dalam pipa atau mengurangi kontaminasi silang. Pig ini memiliki cincin penyegel yang membentuk ikatan erat dengan dinding pipa, sehingga memisahkan produk dengan efektif. Sealing pigs sering digunakan dalam industri minyak dan gas untuk memisahkan berbagai produk, seperti minyak mentah, gas alam, dan kondensat.
  4. Gel Pigs: Gel pigs adalah pig “virtual” yang terbuat dari gel polimer yang sangat tebal dan viskos. Gel pigs digunakan untuk membersihkan, mengeringkan, dan memisahkan produk dalam pipa tanpa perlu perangkat mekanis. Gel pigs sering digunakan dalam aplikasi di mana pig mekanis tidak cocok atau tidak praktis, seperti pipa dengan banyak tikungan atau diameter yang bervariasi.
Baca Juga  Seven Qc Tools

Pig juga dapat diklasifikasikan berdasarkan metodenya, seperti pigging mekanik, pigging dengan sensor, dan pigging hibrida.

Perbedaan Pigging, Blowing, dan Flushing

Pigging Blowing Flushing
Menggunakan pig untuk membersihkan atau menginspeksi pipa dari dalam Menggunakan tekanan udara atau gas untuk membersihkan pipa Menggunakan aliran fluida atau air untuk membersihkan pipa
Efektif untuk menghilangkan kontaminan, korosi, atau partikel asing Lebih efektif untuk menghilangkan partikel padat atau debu Lebih efektif untuk menghilangkan partikel halus atau larutan
Memerlukan pig launcher dan receiver Memerlukan peralatan untuk menghasilkan tekanan udara atau gas Memerlukan peralatan untuk menghasilkan aliran fluida atau air

10 Kelebihan dan 10 Kekurangan Pigging

Kelebihan pigging meliputi:

  1. Meningkatkan efisiensi sistem perpipaan dengan mengurangi tekanan jatuh dan memperbaiki aliran.
  2. Mengurangi kontaminan, korosi, dan partikel asing yang dapat mengakibatkan kebocoran atau kegagalan sistem.
  3. Memungkinkan inspeksi internal pipa untuk mendeteksi cacat atau kerusakan.
  4. Mengurangi risiko kebocoran atau kegagalan sistem yang dapat mengakibatkan kerugian ekonomi atau lingkungan.
  5. Memperpanjang umur sistem perpipaan dengan menjaga kondisi pipa tetap baik.
  6. Meningkatkan keandalan sistem perpipaan.
  7. Memperbaiki kualitas produk yang mengalir melalui pipa.
  8. Mengurangi konsumsi energi dan biaya operasi.
  9. Mengurangi risiko kecelakaan kerja yang terkait dengan kebocoran atau kegagalan sistem perpipaan.
  10. Memungkinkan pemisahan fluida dengan karakteristik yang berbeda dalam sistem perpipaan.

Kekurangan pigging meliputi:

  1. Memerlukan investasi awal yang cukup besar untuk peralatan pigging, seperti pig launcher dan receiver.
  2. Memerlukan pemeliharaan peralatan pigging yang rutin dan biaya operasional.
  3. Tidak semua pipa dapat dilakukan pigging, tergantung pada desain dan kondisi pipa.
  4. Memerlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan pigging, terutama pada sistem perpipaan yang luas dan kompleks.
  5. Memerlukan tenaga kerja yang terampil dan berpengalaman dalam melakukan pigging.
  6. Mungkin tidak efektif untuk menghilangkan partikel halus atau larutan, dibandingkan dengan metode flushing.
  7. Mungkin tidak efektif untuk menghilangkan partikel padat atau debu, dibandingkan dengan metode blowing.
  8. Pig mungkin macet dalam pipa atau tidak beroperasi dengan baik, sehingga memerlukan intervensi tambahan.
  9. Mungkin menghasilkan limbah yang harus diolah dan dibuang dengan benar.
  10. Memerlukan perencanaan yang matang dan koordinasi antara berbagai pihak yang terlibat dalam proses pigging.
Baca Juga  Contoh Qcc Safety

Batasan

Batasan pigging meliputi desain dan kondisi pipa, seperti diameter, panjang, jumlah dan sudut sambungan, serta keberadaan komponen perpipaan seperti katup atau penjepit. Selain itu, batasan juga mencakup faktor lingkungan seperti suhu, tekanan, dan bahan kimia yang ada di dalam pipa.

Standar dan Kode

Standar dan kode yang berlaku dalam pigging mencakup ASME B31.4 (untuk sistem perpipaan cairan), ASME B31.8 (untuk sistem perpipaan gas), API 1160 (untuk sistem perpipaan minyak dan gas), dan ISO 13623 (untuk sistem perpipaan minyak dan gas di luar negeri). Standar dan kode ini menetapkan persyaratan desain, bahan, fabrikasi, pemeriksaan, pengujian, operasi, dan pemeliharaan sistem perpipaan, serta spesifikasi teknis dan prosedur kerja yang harus diikuti dalam proses pigging.

Acceptance Criteria sesuai ASME

Acceptance criteria sesuai ASME untuk pigging meliputi:

  1. Hasil inspeksi dan pembersihan harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh kode, seperti ketebalan dinding pipa yang sesuai, tidak adanya cacat atau kerusakan yang signifikan, dan kebersihan pipa yang memadai.
  2. Prosedur pigging harus mematuhi standar dan kode yang relevan, termasuk pemilihan pig yang sesuai, penggunaan peralatan yang memenuhi standar industri, dan pelaksanaan prosedur kerja yang aman dan efektif.
  3. Data yang dikumpulkan selama proses pigging harus diolah dan dianalisis dengan benar untuk mengevaluasi kondisi pipa dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan atau pemeliharaan lebih lanjut.
  4. Rekomendasi perbaikan atau pemeliharaan yang diberikan berdasarkan hasil pigging harus diikuti dan dilaksanakan dengan benar untuk memastikan keandalan dan efisiensi sistem perpipaan.
  5. Pemantauan dan inspeksi berkelanjutan harus dilakukan untuk memastikan kinerja sistem perpipaan yang optimal dan kepatuhan terhadap standar dan kode yang berlaku.

Kesimpulan

Pigging adalah proses penting dalam industri yang menggunakan sistem perpipaan, seperti minyak dan gas, petrokimia, farmasi, dan industri makanan. Dengan menjaga kebersihan dan kondisi pipa, pigging meningkatkan efisiensi dan keandalan sistem perpipaan, mengurangi konsumsi energi, dan memperpanjang umur sistem perpipaan. Namun, pigging juga memiliki beberapa kekurangan, seperti investasi awal yang besar dan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan proses. Penting untuk mematuhi standar dan kode yang berlaku dalam pigging, seperti ASME, untuk memastikan keberhasilan proses dan kepatuhan terhadap persyaratan lingkungan dan peraturan yang berlaku.

Sebagai kesimpulan, pigging merupakan proses yang sangat bermanfaat dalam menjaga kualitas dan keandalan sistem perpipaan di berbagai industri. Namun, penting untuk melakukan pigging dengan benar, mematuhi standar dan kode yang relevan, serta mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang ada. Dengan demikian, kita dapat memaksimalkan manfaat pigging dan meminimalkan risiko yang terkait.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

32 comments

  1. Spot on with this write-up, I truly assume this web site needs much more consideration. I’ll most likely be once more to read way more, thanks for that info.

  2. Thanks, I have recently been looking for information about this subject for ages and yours is the best I’ve discovered so far. But, what about the conclusion? Are you sure concerning the supply?

  3. I am often to blogging and i really appreciate your content. The article has really peaks my interest. I am going to bookmark your site and keep checking for new information.

  4. obviously like your web site however you need to test the spelling on several of your posts. A number of them are rife with spelling problems and I to find it very troublesome to inform the reality on the other hand I’ll definitely come again again.

  5. What is Gluco6 Supplement? Gluco6 is a blend of doctor-formulated ingredients promising to help users develop healthy blood sugar ranges.

  6. Hello there! I know this is kinda off topic however I’d figured I’d ask. Would you be interested in exchanging links or maybe guest authoring a blog article or vice-versa? My website discusses a lot of the same subjects as yours and I believe we could greatly benefit from each other. If you might be interested feel free to shoot me an email. I look forward to hearing from you! Fantastic blog by the way!

  7. What i do not realize is in reality how you’re not actually a lot more neatly-favored than you may be now. You are so intelligent. You already know thus considerably with regards to this matter, made me in my view imagine it from numerous varied angles. Its like men and women aren’t interested until it?¦s something to accomplish with Girl gaga! Your personal stuffs outstanding. At all times care for it up!

  8. Hello would you mind sharing which blog platform you’re working with? I’m going to start my own blog in the near future but I’m having a hard time making a decision between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your design and style seems different then most blogs and I’m looking for something completely unique. P.S My apologies for getting off-topic but I had to ask!

  9. What Exactly is Tonic Greens? Tonic Greens is a dietary supplement that has proven effective in helping many people manage the herpes virus and boost their immune systems without adverse effects.

  10. whoah this weblog is fantastic i like reading your articles. Stay up the good paintings! You recognize, many persons are looking around for this information, you can help them greatly.

  11. Everything is very open and very clear explanation of issues. was truly information. Your website is very useful. Thanks for sharing.

  12. Thank you for sharing superb informations. Your site is very cool. I am impressed by the details that you’ve on this web site. It reveals how nicely you understand this subject. Bookmarked this web page, will come back for extra articles. You, my pal, ROCK! I found just the info I already searched all over the place and just couldn’t come across. What a great web-site.

  13. I have read some good stuff here. Certainly worth bookmarking for revisiting. I wonder how much effort you put to create such a wonderful informative site.

  14. I keep listening to the rumor lecture about receiving boundless online grant applications so I have been looking around for the best site to get one. Could you tell me please, where could i get some?

  15. F*ckin¦ tremendous issues here. I¦m very happy to look your post. Thanks so much and i’m taking a look ahead to contact you. Will you please drop me a e-mail?

  16. Excellent blog right here! Also your site rather a lot up very fast! What host are you the use of? Can I get your associate link to your host? I wish my site loaded up as quickly as yours lol

  17. Nice post. I learn something more challenging on different blogs everyday. It will always be stimulating to read content from other writers and practice a little something from their store. I’d prefer to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll give you a link on your web blog. Thanks for sharing.

  18. Hello, Neat post. There is an issue along with your web site in web explorer, would check this?K IE still is the market chief and a big part of people will miss your excellent writing due to this problem.

  19. What is Sugar Defender 24? Jeffrey Mitchell made the Sugar Defender 24. It is a product (Sugar Defender Diabetes) that helps your blood sugar health.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *