helper
img unsplash

Helper: Tugas, Jenis, dan Rentang Gajinya Terbaru 2023

Definisi Helper

Dalam konteks teknik dan industri, Helper biasanya merujuk kepada individu yang bertanggung jawab membantu pekerja khusus atau terampil dalam menjalankan berbagai tugas mereka. Bisa dikatakan, Helper adalah orang yang membantu pekerja terampil dalam pekerjaan mereka, baik itu pekerjaan sederhana seperti membawa alat, membersihkan area kerja, atau bahkan tugas yang lebih kompleks seperti membantu dalam operasi mesin.

Helper seringkali ditemukan di berbagai sektor industri, termasuk konstruksi, manufaktur, mekanik, dan banyak lagi. Meski mungkin tampak bahwa pekerjaan Helper kurang penting dibanding pekerjaan lainnya, namun peran Helper sangat penting dalam memastikan kelancaran dan efisiensi proses kerja. Dalam banyak kasus, tanpa kehadiran Helper, pekerja terampil mungkin akan kesulitan untuk menyelesaikan tugas mereka secara efektif dan efisien.

Pekerjaan Helper bisa menjadi titik awal yang baik untuk individu yang ingin masuk ke dalam industri tertentu. Dengan bekerja sebagai Helper, seseorang dapat mempelajari berbagai keterampilan dan pengetahuan dasar tentang industri tersebut. Selain itu, menjadi Helper juga dapat membuka peluang untuk mengembangkan keterampilan dan meniti karir di bidang yang diinginkan.

Meskipun peran dan tugas spesifik Helper dapat bervariasi tergantung pada sektor industri dan jenis pekerjaan, namun ada beberapa keterampilan umum yang biasanya dibutuhkan oleh Helper, seperti kemampuan komunikasi yang baik, keterampilan organisasi, dan kesediaan untuk belajar dan bekerja keras.

Dengan kata lain, Helper adalah bagian integral dari banyak industri dan memainkan peran penting dalam mencapai tujuan dan sasaran kerja. Melalui peran mereka, Helper membantu dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam pekerjaan, serta memastikan bahwa tugas-tugas selesai dengan baik dan tepat waktu.

Jenis-Jenis Helper

Dalam berbagai sektor industri dan bidang kerja, terdapat berbagai jenis Helper yang memiliki peran dan tugas spesifiknya masing-masing. Berikut ini adalah 10 jenis Helper yang sering ditemui:

  • Helper Operator:

Helper operator biasanya bekerja di lingkungan pabrik atau manufaktur, membantu operator mesin dalam menjalankan dan memantau operasi mesin. Tugas mereka bisa termasuk persiapan alat dan peralatan, pemeliharaan dan pembersihan mesin, serta pengecekan rutin.

  • Helper Gudang:

Helper gudang berperan dalam membantu pengoperasian gudang. Mereka mungkin bertugas mengangkat dan memindahkan barang, mengatur dan memeriksa inventaris, serta membantu dalam proses penerimaan dan pengiriman barang.

Helper welder bekerja bersama welder profesional, membantu dalam berbagai tugas seperti persiapan alat, pengecekan keamanan, dan pembersihan area kerja sebelum dan sesudah proses pengelasan.

  • Helper Driver:

Helper driver seringkali membantu pengemudi truk atau kendaraan lain dalam berbagai tugas seperti navigasi, bongkar muat barang, serta pengecekan dan pemeliharaan kendaraan.

  • Helper Painting:

Dalam industri konstruksi atau renovasi, Helper painting membantu pekerja profesional dalam pekerjaan pengecatan. Tugas mereka bisa termasuk persiapan dan pembersihan area kerja, pengadukan cat, dan pengaplikasian cat dasar.

  • Helper Medical:

Dalam bidang kesehatan, Helper medical membantu profesional medis seperti dokter dan perawat dalam memberikan perawatan kepada pasien. Tugas mereka bisa termasuk pembersihan dan persiapan alat medis, membantu dalam prosedur medis, dan perawatan pasien dasar.

  • Helper Administrasi:

Helper administrasi membantu dalam berbagai tugas administratif seperti pengarsipan, pengecekan dokumen, dan koordinasi agenda. Mereka juga mungkin bertugas dalam menjawab telepon dan memberikan informasi dasar kepada klien atau pelanggan.

  • Helper Elektrik:

Helper elektrik bekerja bersama electrician dalam melakukan instalasi, perbaikan, dan pemeliharaan sistem listrik. Mereka mungkin bertugas dalam persiapan alat dan peralatan, pengecekan keamanan, dan pembersihan area kerja.

  • Helper Mekanik:

Helper mekanik membantu mekanik profesional dalam perbaikan dan pemeliharaan mesin atau kendaraan. Tugas mereka bisa termasuk persiapan dan pembersihan alat, pengecekan dan penggantian bagian mesin, dan pengujian operasi mesin setelah perbaikan.

  • Helper Konstruksi:

Helper konstruksi bekerja di lokasi konstruksi, membantu pekerja profesional dalam berbagai tugas seperti pengangkutan bahan, persiapan dan pembersihan area kerja, dan asistensi dalam berbagai tugas konstruksi.

helper
img unsplash

Tugas dan Tanggung Jawab Helper

Meski pekerjaan spesifik Helper dapat bervariasi tergantung pada sektor industri dan bidang pekerjaan, ada beberapa tugas dan tanggung jawab umum yang sering diemban oleh Helper. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Membantu Pekerja Terampil: Sebagai “Helper”, tugas utama mereka adalah membantu pekerja terampil dalam menjalankan tugas mereka. Ini bisa berarti membantu mekanik dalam perbaikan mesin, membantu operator mesin dalam menjalankan mesin, atau membantu petugas gudang dalam pengelolaan inventaris.
  2. Pemeliharaan dan Pembersihan: Helper seringkali bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kerapian area kerja. Ini bisa berarti membersihkan mesin dan alat kerja, menjaga kebersihan gudang, atau merapikan area kerja setelah selesai bekerja.
  3. Persiapan Alat dan Peralatan: Sebelum pekerjaan dimulai, Helper biasanya akan bertanggung jawab untuk mempersiapkan alat dan peralatan yang diperlukan. Ini bisa berarti mengatur alat kerja, menyiapkan mesin, atau mengambil bahan dan perlengkapan yang diperlukan.
  4. Pemantauan dan Pelaporan: Dalam beberapa kasus, Helper mungkin juga bertanggung jawab untuk memantau operasi mesin atau proses kerja dan melaporkan masalah atau gangguan yang terjadi. Mereka juga mungkin diminta untuk membuat laporan kerja harian atau mingguan.
  5. Keselamatan Kerja: Helper juga memainkan peran penting dalam menjaga keselamatan di tempat kerja. Ini bisa berarti memastikan bahwa semua alat dan peralatan digunakan dengan benar dan aman, mengenakan peralatan keselamatan kerja, dan mematuhi semua protokol keselamatan dan kesehatan kerja.
  6. Pembelajaran dan Pengembangan: Sebagai Helper, individu tersebut diharapkan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan mereka. Ini bisa berarti mengikuti pelatihan atau kursus, mempelajari teknik dan prosedur baru, atau mengamati dan belajar dari pekerja terampil.

Gaji Helper

Gaji merupakan salah satu faktor yang penting dalam memilih suatu pekerjaan, dan profesi Helper tidak terkecuali. Gaji seorang Helper bisa sangat bervariasi, tergantung pada faktor-faktor seperti industri tempat mereka bekerja, lokasi, pengalaman, dan keterampilan mereka.

Pada umumnya, Helper yang bekerja di warehouse atau gudang memperoleh gaji sekitar Rp1.000.000 hingga Rp3.000.000 per bulan. Namun, rata-rata, banyak perusahaan yang membayar Helper dengan gaji sekitar Rp2.846.657 per bulan. Besaran gaji ini biasanya sudah termasuk uang makan dan transportasi.

Namun, perlu dicatat bahwa gaji Helper juga disesuaikan dengan Upah Minimum Regional (UMR) wilayah dimana perusahaan tersebut berada. Untuk memberikan gambaran, berikut ini adalah gaji rata-rata Helper gudang di beberapa kota besar di Indonesia berdasarkan data tahun 2021:

  1. Jakarta: Rp3.160.000 per bulan
  2. Medan: Rp4.000.000 per bulan
  3. Gresik: Rp3.424.365 per bulan
  4. Surabaya: Rp2.229.000 per bulan
  5. Denpasar: Rp2.700.000 per bulan

Meskipun gaji dapat menjadi pertimbangan penting, tetapi untuk menjadi Helper yang sukses, Anda juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti minat dan bakat, keterampilan yang Anda miliki, serta kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri dalam pekerjaan tersebut. Berbagai pelatihan dan sertifikasi yang Anda dapatkan selama bekerja sebagai Helper juga dapat meningkatkan nilai Anda di mata perusahaan dan berpotensi untuk meningkatkan gaji Anda di masa depan.

1 comment

  1. wonderful issues altogether, you simply won a emblem new reader.
    What would you recommend about your submit that you simply made a few days ago?

    Any positive?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *