DOWNLOAD NACE Standard for cathodic protection of metallic piping systems

DOWNLOAD NACE Standard Free

Sejarah dan Perkembangan Nace

Pada awal abad ke-20, sedikit yang diketahui tentang ilmu pengendalian korosi. Namun, pada tahun 1930-an, telah dicapai kemajuan signifikan dalam mitigasi korosi dan perlindungan katodik (CP) mulai digunakan secara luas untuk mengendalikan korosi pada pipa bawah tanah.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran yang beralasan tentang kemungkinan kerusakan pada struktur di sekitarnya akibat arus tersesat. Tak lama kemudian menjadi jelas bahwa diperlukan organisasi khusus untuk berfungsi sebagai pusat informasi tentang operasi bawah tanah dan untuk menetapkan prosedur standar untuk pemasangan dan pemeliharaan sistem CP. Hal ini mengarah pada pembentukan Mid-Continent Cathodic Protection Association yang berbasis di Houston, Texas pada tahun 1938.

Baca Juga  Nema Standards PDF Free Download

Pada tahun 1940, Petroleum Industry Electrical Association (PIEA) menawarkan untuk mensponsori kerja kelompok ini, yang kemudian menjadi PIEA Cathodic Section. Anggota dari bagian ini dengan cepat menentukan nilai dari pembentukan sebuah asosiasi terpisah yang khususnya didedikasikan untuk korosi dan pengendaliannya. Pada tanggal 9 Oktober 1943, 11 insinyur korosi sepakat untuk mendirikan upaya ini, dan National Association of Corrosion Engineers (NACE) pun didirikan.

Nace memiliki sejarah yang panjang dan telah mengalami perkembangan signifikan sejak didirikan. Pada awalnya, Nace didirikan sebagai organisasi kecil dengan fokus pada pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara para insinyur korosi. Namun, seiring berjalannya waktu, Nace berkembang menjadi organisasi besar dengan ribuan anggota di seluruh dunia.

Baca Juga  Revit Adalah: Sejarah,Fungsi dan Penggunaannya

Perkembangan dan Pencapaian Nace

Seiring berjalannya waktu, Nace telah mencapai banyak pencapaian penting dalam bidang pencegahan korosi. Organisasi ini telah mengembangkan berbagai standar industri yang digunakan secara luas, seperti standar inspeksi korosi dan standar kualifikasi personel. Nace juga telah memperluas jangkauannya ke berbagai industri, termasuk minyak dan gas, energi, dan kimia.