Download ASME B16.9

DOWNLOAD

Pada tahun 1921, Komite Standar Rekayasa Amerika, kemudian dikenal sebagai Asosiasi Standar Amerika (ASA), mengorganisir Komite Bagian B16 untuk menyatukan dan mengembangkan lebih lanjut standar nasional untuk flensa dan fitting pipa (dan, kemudian, untuk katup, karet pengepas, dan aktuator katup). Penyelenggara bersama Komite B16 adalah American Society of Mechanical Engineers (ASME), Asosiasi Nasional Kontraktor Pemanas dan Pipa [sekarang Asosiasi Kontraktor Mekanik Amerika (MCAA)], dan Masyarakat Standarisasi Produsen Industri Katup dan Fitting (MSS). Penyelenggara bersama kemudian ditunjuk sebagai organisasi ko-sekretariat.

Sejarah

Standardisasi fitting las dimulai pada tahun 1937 oleh sebuah subkelompok (ditunjuk sebagai Subkelompok 6) dari Subkomite 3. Setelah mempertimbangkan beberapa rancangan, sebuah standar disetujui oleh Komite, penyelenggara bersama, dan ASA, dan diterbitkan dengan penunjukan ASA B16.9-1940.

Pada tahun 1950 dan 1955, revisi dilakukan untuk menambahkan ukuran hingga NPS 24 dan melengkapi cakupan fitting pada beberapa ukuran. Revisi-revisi ini disetujui dan diterbitkan sebagai ASA B16.9-1951 dan ASA B16.9-1958. Dengan subkelompok sekarang ditunjuk sebagai Subkomite 6 (kemudian Subkomite F), revisi lebih lanjut dimulai untuk menjelaskan maksud dari standar, menambahkan toleransi sudut, dan menyertakan fitting dengan jenis yang berbeda (siku radius panjang yang mereduksi dan silang) serta ukuran yang lebih kecil (NPS 1⁄4 dan 1⁄2). Revisi ini diterbitkan sebagai ASA B16.9-1964 setelah persetujuan dari ASA.

Setelah reorganisasi ASA, pertama sebagai United States of America Standards Institute (USASI), kemudian sebagai American National Standards Institute (ANSI), dengan Komite Bagian yang ditunjuk kembali sebagai Komite Standar Nasional Amerika, revisi lain yang meningkatkan rentang ukuran hingga NPS 48 dan merevisi teks untuk kejelasan disetujui dan diterbitkan sebagai ANSI B16.9-1971.

Pada tahun 1975, Subkomite F memulai revisi besar-besaran untuk membawa standar ini ke arah yang sesuai dengan praktik dan penggunaan saat ini. Pecahan umum diekspresikan sebagai desimal (tetapi tanpa maksud presisi yang lebih tinggi) dan setara dimensi metrik ditambahkan. Ketentuan untuk perubahan radius bertahap untuk siku radius panjang NPS 3⁄4 dan 180 derajat kembali diperkenalkan. Setelah persetujuan dari Komite Standar, ko-sekretariat, dan ANSI, revisi tersebut diterbitkan sebagai ANSI B16.9-1978. Itu diperbarui oleh tambahan perbaikan, B16.9a 1981, yang diterbitkan pada Februari 1982.

Pada tahun 1982, Komite Standar Nasional Amerika B16 direorganisasi sebagai sebuah Komite ASME yang beroperasi dengan prosedur yang diakreditasi oleh ANSI. Dalam Edisi ini, teks telah direvisi dan dimensi inci ditetapkan sebagai standar. Setelah persetujuan dari Komite Standar dan ASME, persetujuan sebagai Standar Nasional Amerika diberikan oleh ANSI pada 12 November 1986 dengan penunjukan baru ASME/ANSI B16.9-1986.

Baca Juga  Kepanjangan Asme

Pada tahun 1991, Subkomite meninjau dokumen dan melakukan sejumlah revisi. Dimensi untuk sambungan tumpul pola pendek juga ditambahkan pada Edisi Standar 1993 ini. Dalam Edisi 2001 ini, siku radius pendek dan kembali ditambahkan yang mencakup semua dimensi dan toleransi dari ASME B16.28-1994. Edisi ini juga menyediakan unit metrik sebagai standar alternatif independen tetapi sejajar dengan unit Kustom Amerika Serikat dan Program Sistem Kualitas yang terlampir.