Download API 2350 Free

Download API 2350 F

API 2350: Standar Perlindungan Tumpahan untuk Tangki Penyimpanan Bahan Bakar

Tumpahan bahan bakar dalam tangki adalah salah satu masalah serius yang mengkhawatirkan industri petrokimia. Dalam skenario terbaik, tumpahan tersebut harus dibersihkan, tetapi dalam skenario terburuk, bisnis bisa terancam bangkrut dan berakhir di pengadilan. Sebagai respons terhadap permasalahan ini, industri telah bekerja sama untuk menciptakan API Standard 2350: “Perlindungan Terhadap Tumpahan dalam Fasilitas Penyimpanan Bahan Bakar”. Standar ini merincikan persyaratan minimum yang harus dipenuhi untuk mematuhi praktik terbaik modern dalam aplikasi khusus ini.

Tujuan utama standar ini tentu saja adalah mencegah tumpahan bahan bakar. Namun, penerapan standar ini juga menghasilkan peningkatan efisiensi operasional dan pemanfaatan tangki yang lebih tinggi.

Baca Juga  ASME PERHUTANI CO ID

API 2350 diciptakan oleh industri untuk industri, dengan kontribusi dari berbagai perwakilan industri, termasuk pemilik dan operator tangki, pengangkut, produsen, dan ahli keamanan. Keunikan standar ini terletak pada fakta bahwa ia fokus pada aplikasi tertentu, yaitu tangki penyimpanan bahan bakar petroleum besar di atas tanah yang tidak bersifat tekanan, dan pada kasus penggunaan tertentu, yaitu pencegahan tumpahan. Standar ini tidak bersaing dengan standar keamanan generik lainnya, tetapi dirancang sebagai pelengkap untuk memenuhi kebutuhan spesifik dalam industri.

Salah satu contoh implementasi standar ini adalah melalui penggunaan Sistem Instrumen Keamanan (Safety Instrumented Systems/SIS) yang dirancang sesuai dengan IEC61511.

Baca Juga  Nema Standards PDF Free Download

Tingkat adopsi standar ini dalam industri diperkirakan sangat tinggi karena manfaat yang jelas, seiring dengan peningkatan kebutuhan akan keamanan di seluruh dunia. Pertanyaan yang harus diajukan oleh pemilik atau operator tangki adalah apakah mereka bisa mengabaikan implementasi API 2350. Karena sifatnya yang umum, standar ini juga dapat diterapkan pada tangki-tangki terdekat di luar cakupan standar, misalnya tangki yang berisi bahan kimia atau cairan petroleum Kelas 31.

Operasi tangki serupa terjadi di seluruh dunia, dan banyak perusahaan beroperasi dalam lingkungan multinasional. Meskipun merujuk pada ‘Amerika’, API 2350 telah ditulis dari perspektif internasional, sehingga berlaku di seluruh dunia.

Panduan ini memberikan elemen dasar yang diperlukan oleh pemilik atau operator tangki bahan bakar untuk menerapkan API 2350 pada fasilitas tangki yang baru atau yang sudah ada dengan usaha minimal dan keuntungan maksimal. Membaca panduan ini penting karena standar baru ini diharapkan menjadi perubahan besar dalam pencegahan tumpahan, dan dengan menerapkannya, perusahaan Anda dapat meraih manfaat dari praktik terbaik terbaru.

Standar ini dapat diakses dengan membayar biaya kecil melalui situs web API (www.api.org). Jadi, segera terapkan API 2350 untuk memastikan keamanan dan efisiensi operasi tangki bahan bakar Anda.